BERPIKIR

Playing with Idioms

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah pameran yang bekerja sama dengan asosiasi profesi gue. Ini prolognya agak-agak ga nyambung sih. Intinya di situ gue dan suami menghadiri sebuah talkshow mengenai membuka biro arsitek. Salah satu hadirin bertanya, “… apakah perlu berbadan hukum?”

Suami gue sontak berceletuk (tentunya hanya dalam jangkauan pendengaran kami berdua), “Wah, berbadan hukum, berbulu domba!”

Gue pun, sama gak jelasnya, menanggapi, “Berkepala naga!”

“212 Namanya!” lanjut suami gue. Kami pun terkekeh-kekeh sendiri dalam keramaian penonton talkshow.

Di perjalanan pulang, sambil bengong dibonceng, dengan suasana hujan, ga bisa ngobrol, gue pun jadi mikir-mikir sendiri. Sebenernya banyak banget ya idiom atau frase yang terbentuk dari anggota badan.

Sebagai prolog, gue akan bahas dulu tentang idiom (biar agak bobot dikit, karena mungkin di endingposting ini kalian akan kecewa telah membaca postingan gue hahaha).

An idiom (Latin: idioma, “special property”, from Greek: ἰδίωμα – idíōma, “special feature, special phrasing, a peculiarity”, f. Greek: ἴδιος – ídios, “one’s own”) is a phrase or a fixed expression that has a figurative, or sometimes literal, meaning. An idiom’s figurative meaning is different from the literal meaning.

en.wikipedia.org/wiki/Idiom

Dalam google translate, jikalau kalian mengetik “idiom”, akan keluar penjelasan di bawah ini:

a group of words established by usage as having a meaning not deducible from those of the individual words (e.g., rain cats and dogs , see the light).
synonyms: language, mode of expression, turn of phrase, style, speech, locution, diction, usage, phraseology, phrasing, phrase, vocabulary, terminology, parlance, jargon, argot, cant, patter, tongue, vernacular, lingo

Intinya, idiom di sini dalam istilah Bahasa Indonesia adalah “ungkapan”, yang dalam wikibooks dijelaskan:

Ungkapan merupakan gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. Idiom atau disebut juga dengan ungkapan adalah gabungan kata yang membentuk arti baru dimana tidak berhubungan dengan kata pembentuk dasarnya.

http://id.wikibooks.org/wiki/Bahasa_Indonesia/Ungkapan

Kembali ke awal, bahwasanya gue menemukan banyak sekali ungkapan yang, kali ini, khususnya, menggunakan bagian-bagian tubuh manusia. Yaya manusia itu manusiasentris. Semua dihubung-hubungkan dengan anggota badannya.

Mari kita catat ungkapan-ungkapan yang menggunakan anggota badan, mulai dari bagian atas ke bawah:

  1. kepala batu
  2. kepala dingin
  3. keras kepala
  4. otak udang
  5. bermuka dua
  6. bermuka tebal / tebal  muka
  7. mulut harimau
  8. besar mulut
  9. tutup mulut
  10. silat lidah
  11. bibir pantai
  12. buah bibir
  13. unjuk gigi
  14. gigi balang (termasuk idiom gak ya?)
  15. hidung belang
  16. mata sapi
  17. mata keranjang
  18. mata duitan (termasuk idiom gak ya?)
  19. gelap mata
  20. main mata
  21. mata hati
  22. setengah hati
  23. buah hati
  24. keras hati
  25. besar hati
  26. kecil hati
  27. leher angsa
  28. bahu jalan
  29. badan jalan
  30. berbadan dua
  31. lapang dada
  32. jantung kota
  33. darah biru
  34. haus darah
  35. naik darah
  36. banting tulang
  37. berbulu domba
  38. tangan besi
  39. tangan kanan
  40. buah tangan
  41. main tangan
  42. turun tangan
  43. lepas tangan
  44. angkat tangan
  45. perut bumi
  46. kaki lima
  47. kaki naga
  48. kaki gunung
  49. kaki langit
  50. kaki tangan
  51. angkat kaki

Mungkin masih banyak juga yang lainnya (mau kasih ide untuk nambahin? hehehe).

Oh! Tentang makna dari idiom2 di atas, silakan cari sendiri yak. Soalnya bisa panjang nih jadinya hehehe. Beberapa idiom di atas ternyata juga ada kok di wikipedia. Cek http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_frasa_idiomatis_dalam_bahasa_Indonesia

Nahhhh.. Coba, kalo semua itu digabung jadi sesosok makhluk, kira2 dia jadi seperti apa ya?

…..

*ambil kertas roti dan drawing pen

Oke saya mau berimajinasi dulu. Daa!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s