Uncategorized

Ambiguitas Anjing

Suatu malam, gue pernah mau mengerjakan maket di studio. Sebelumnya, gue menanyakan Affa dulu, maunya sih bareng.

Fa dmana lw?

Studio.

Sm sp?

Lama tidak terdengar jawaban. Akhirnya gue telpon anak itu. Tapi begitu ditanyakan sama siapa, anak itu cuma menjawab, “Udahlah, ke sini aja.”

Yasudah, gue kesana, sendirian, menyusuri jalanan kutek[1] yang sepi. Tadinya sih gak ada perasaan takut, sampai kemudian gue melihat siluet seekor anjing berkuping caplang yang sepertinya sedang memandangi gue dari haltek[2]. Sebenarnya gue cukup suka dengan anjing, tapi cuma anjing yang gue kenal, seperti Whity, anjing putih nan lucu yang sempat menjadi antek[3] namun sekarang menghilang dari peredaran. Mungkin karena Whity adalah anjing yang mudah akrab dengan orang. Bahkan bagi gue yang tidak mudah menyukai anjing. Anjing seperti itu kan gak cocok jadi anjing penjaga, kurang galak, enaknya buat main bareng.

Menyadari keberadaan anjing caplang itu dan merasa diamati, gue berhati-hati dalam bergerak dan menyiapkan energi kalau sewaktu-waktu mengambil langkah seribu diperlukan. Karena gelisah dengan ketakutan gue sendiri, gue smslah Affa.

Ada anjing.

Maksud sms gue adalah, “Ada anjing Fa, tolong!” Tapi gue takut kalau belum sempat sms itu sampai gue udah jadi buronan si anjing, makanya gue sms sesingkat mungkin sambil terus berjalan agar sms itu sampai secepat mungkin.

Ternyata, gue bisa melewati intaian anjing caplang itu dengan selamat dan hilanglah kekhawatiran itu. Gue pikir Affa juga perlu waktu untuk <mungkin> menjemput gue. Namun tiba-tiba sebuah sms sampai ketika gue hampir sampai lobi.

Ada.

Huh.. Tadinya gue berpikir, “Iya Fa, gue tau disitu ‘ada’ anjing, tapi tolongin gue, telat lo.. Apa gunanya sms ‘ada’?” Gue mengurungkan niat gue untuk membalasnya. “Dasar anak-anak,” pikir gue.

Sampai di studio BP3 kanan, seperti biasa, cara yang menjadi rahasia umum anak ars dan diketahui mas-mas Savin[4], gue memanjat dinding berjendela kaca-alumunium itu untuk masuk. Di situ ada Ardi dan Affa. Affa berkata, “Kok lo tau ada Ardi?”

Lupa dengan perihal tadi, gue menjawab dengan bingung, “Nggak kok.. Oh, lo sama Njing,kenapa nggak bilang aja sih?”

Setelah nyampah-nyampah sedikit yang pada akhirnya hanya berdiskusi tanpa mengerjakan maket, kami bertiga pun merasakan kantuk dan memutuskan untuk pulang. Di perjalanan, barulah gue ingat tentang anjing caplang tadi, membuat gue membahas sms tadi. Ternyata..

“Ooo.. jadi yang tadi tuh maksud lo beneran ada anjing? Gue pikir lo masih nebak siapa yang ada sama gue. Abis sebelumnya kan pembicaraan kita tentang itu. Pas lo sms, gue liat, Oh ada Ardi. Yasu.”

Lalu gue mengerti. Ardi. Njing, panggilan angkatan kami terhadapnya. Njing, Anjing.. Yah.. Jadi dari tadi gue dan Affa membicarakan dua hal yang berbeda. Anehnya tetep nyambung.

Dan Affa, menemukan berbagaialternatif mengirim sms yang maksudnya serupa.

“Kenapa nggak: ‘Anjing, tolong’? Trus abis itu gue akan berkata sama Njing, ‘Seffi minta tolong’, atau gue forward smsnya ke Njing. Trus Njing bingung, ‘Tolongin Apa’? “ Dan masih banyak alternatif lain. Pyuh..


[1] Kutek: Kukusan Teknik, sebuah kelurahan yang berada persis di depan Fakultas Teknik UI, tempat ratusan kosan dan kontrakan tersebar, dilengkapi berbagai fasilitas yang mahasiswa banget: warnet murah, ngeprint mudah, fotokopi, wartel, warteg, dan warung-warung kalong yang buka dini hari.

[2] Haltek: Halte Teknik

[3] Antek: Anjing Teknik

[4] Savin: Fotocopy murah yang berada di Teknik, terletak di BP3 kanan, menghadap Kantek. Ada fotocopy lain di sebelahnya, yakni A+, namun Savin terfavorit karena cepat, ramah, dan murah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s